Keserakahan manusia tidak pernah akan hilang, kecuali kematian datang menghampiri.

Itu adalah suatu ungkapan dari adanya penyakit hati atau sifat dasar yang tumbuh dan berkembang setua peradaban manusia itu sendiri. Orang serakah itu selalu menganggap baik apa yang dilakukannya dan tidak perduli apakah cara yang ditempuh itu sesuai dengan nilai moral dan agama atau tidak.
Keserakahan itu berasal dari pikiran yang selalu ingin dipuaskan, namun tidak pernah merasa puas. Semakin kita berusaha memuaskan keinginan pikiran, maka keinginan akan merangkak naik meminta pemuasan yang lebih……….lebih…….……dan.lebih………. tanpa mengenal batas………….yang akhirnya kita menjadi budak dari pikiran.

Sebagai suatu pertanyaan yang muncul kemudian dari adanya perbudakan terhadap pikiran manusia adalah, apa penyebab terjadinya :

KORUPSI, KEKERASAN, PEPERANGAN, DEKADENSI/KEMEROSOTAN MORAL, RESESI EKONOMI DUNIA, TERORISME, PEMANASAN GLOBAL, BANJIR BANDANG, KEKERINGAN, PERSELINGKUHAN, DAN LAIN LAIN ????????????????

Jawabnya Tunggal yaitu :

K E S E R A K A H A N


Pengertian

Serakah/loba/tamak/rakus adalah selalu hendak memiliki lebih dari yang dimiliki (KBBI)
Keserakahan/kelobaan/ketamakan/kerakusan adalah keinginan untuk selalu memperoleh (harta dan sebagainya) sebanyak-banyaknya (KBBI).
Dari pengertian ini mengisyaratkan bahwa sukar bagi manusia untuk merasa cukup, karena setiap kecukupan melahirkan keinginan baru sehingga pada akhirnya kita tidak merasa cukup, yang pada gilirannya ini akan menjelma menjadi benih keserakahan.
Kenyataan dan juga realita yang sering kita jumpai dalam kehidupan ini adalah mereka yang semakin kaya kebanyakan akan menjadi semakin serakah, bahkan menindas mereka yang tidak berdaya.
Dewasa ini, alasan bagi orang untuk bersikap serakah, rakus, tamak dan egoistik tidak lagi dimonopoli soal penguasaan seseorang atas barang atau materi, namun sudah merasuki ranah masa depan yang tak seorangpun bisa memastikannya, yaitu memperoleh tiket ke surga.
Kecendrungan lain adalah makin meningkatnya paham hedon yang disebut hedonisme yaitu paham yang menyatakan bahwa dalam hidup ini yang terutama adalah kesenangan tanpa memperhatikan masalah norma, susila, etika dan pemilikan materi tanpa memandang bagaimana cara memperoleh materi itu.
Keserakahan adalah sesuatu yang sulit untuk dikendalikan, karena keserakahan selalu berkata, tidak pernah ada kata cukup. Selain itu keserakahan membuat orang tersebut tidak dapat menikmati apa yang sudah mereka miliki.
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan utama dalam kehidupan setiap manusia adalah tercapainya kesejahteraan. Salah satu paham untuk mencapai kesejahteraan yang paling banyak dianut oleh umat manusia adalah peradaban materialisme/perekonomian global yang berlandaskan pada kapitalisme liberal sebagai cermin sebuah miniatur hutan rimba, yang didalamnya berlaku hukum orang yang kuat memangsa yang lemah, orang yang besar menginjak-injak yang kecil. Orang yang bisa bertahan dan menang hanyalah orang yang paling kuat dan kejam, bukan orang yang paling baik dan ideal. Akhirnya dalam peradaban materialisme ini sulit untuk mencapai kesejahteraan sejati. Peran agama sebagai penjaga etika moral yang mewujudkan cita-cita kesejahteraan manusia yang saling bersaudara telah digrogoti dan digantikan dengan ajaran sekularisme yang sangat individual dan egoisme. Kapitalisme telah berhasil menciptakan mesin ekonomi global yang amat berkuasa dan tidak punya perasaan, sehingga manusia itu sendiri hanya menjadi tawanan dari sebuah sistem yang tidak setia kepada kebutuhan-kebutuhan mereka sendiri. Hubungan antar personal menjadi tidak harmonis yang dibatasi hanya dengan ukuran untung rugi, dengan berlandaskan “Tidak ada teman sejati, hari ini dia teman, besok belum tentu.”. Dalam kondisi seperti ini virus-virus keserakahan menjadi sangat mencekam dan menghancurkan. Memang sosok keserakahan ini pada mulanya sangat nikmat dan membahagiakan, namun itu hanya sebuah tipuan. Ia justru merampas dan menghancurkan kebahagiaan yang sesungguhnya. Dia telah menghancurkan hubungan kita dengan Tuhan, karena kita tidak pernah puas dengan berkat dan karunia Tuhan. Juga kehidupan pribadi kita akan meradang dan menerjang karena dikuasai oleh niat-niat busuk, pikiran-pikiran jahat demi memuaskan keserakahan yang sebenarnya tidak akan pernah terpuaskan.

Kata-kata bijak untuk direnungkan

• Tempatkan pikiran hanya sebagai pembantu, bukan sebagai pemimpin, latih kejernihan kesadaran, agar pikiran berkurang daya rusaknya.

• Huduplah dengan penuh keikhlasan, kepasrahan dan rasa syukur, agar kita mendapatkan segalanya, yang pada akhirnya hidup itu menjadi sangat indah untuk dijalani.

• Orang miskin menginginkan banyak hal, tapi orang serakah menginginkan segalanya.

• Dia yang serakah selalu menginginkan sesuatu.

• Orang serakah selalu miskin.

* Orang serakah dan fakir miskin pada prakteknya adalah satu dan sama.

• Orang yang serakah tidak bisa dikatakan memiliki kemakmuran, karena sesungguhnya kemakmuranlah yang telah memilikinya.

• Keinginan terkuat dan kelemahan manusia yang paling berbahaya adalah :ambisi, keserakahan, kesombongan dan keinginan untuk dihormati.

• Kehidupan akan lebih indah bila tanpa diwarnai dengan keangkuhan, keserakahan dan egoisme.

• Keserakahan manusia seringkali justru membawa penderitaan, bila tidak disertai dengan sikap mensyukuri apa yang telah dimiliki.

• Dunia ini sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan semua orang, tapi akan kurang untuk memuaskan nafsu serakah satu orang saja.

• Menahan diri dari serakah adalah pangkal mulia.

• Keserakahan adalah iblis yang gemuk (ogok-ogok, gundoruwo)

• Korupsi terjadi bukan karena kekurangan penghasilan, tapi karena keserakahan yang bertemu dengan kesempatan.

• Jika Anda dikendalikan oleh keserakahan, maka Anda adalah orang yang sangat miskin dan menderita.

• Waspadalah terhadap segala keserakahan, sebab walaupun seseorang memiliki harta yang melimpah ruah, hidupnya tidaklah tergantung dari kekayaannya itu.

• Keserakahan dimulai dengan melihat apa yang tidak kita miliki, oleh sebab itu kita mesti melatih diri untuk melihat apa yang kita miliki dan menghargainya.

• Keserakahan itu dimulai dan dipupuk dengan melihat apa yang orang lain miliki, oleh sebab itu latihlah diri untuk juga melihat apa yang orang lain tidak miliki.

• Waspadalah, bahwa keserakahan adalah virus berbahaya dan menular yang bukan hanya memangsa orang lain, tapi sipemilik virus itu sendiri menjadi mangsanya.

• Ular dan macan adalah makhluk yang benar-benar mampu menerapkan manajeman kehidupan dengan baik. Hewan ini hanya makan ketika lapar, sementara manusia makan terus menerus walaupun sudah hampir muntah.

• Hidup yang diawali dengan keserakahan, diisi dengan keserakahan akan berakhir pula dengan keserakahan
• Dalam hidup ini terkadang kita sering membandingkan keatas/yang lebih tinggi, padahal pembandingan adalah hobi yang serakah, karena ia selalu mengikat dirinya dengan keinginan yang tak pernah henti.

• Tumbuhkan kejernihan, hentikan keserakahan mendikte kehidupan ini.

• Uang mengatakan bahwa paling enak berada di rumah orang serakah, karena disana uang menjadi raja. Dan paling tidak enak berada di rumah orang bijaksana, karena di rumah orang bijaksana uang hanya menjadi pembantu. Karena itu kesejahteraan ada di rumah orang bijaksana, dimana uang hanya berperan sebagai pembantu, tidak lebih.



23 Januari 2009

1 komentar:

  1. Senang bisa berkunjung di blog Anda. trims.

    Buruan Gabung Sekarang Juga Bersama MGMPOKER88 dan Dapatkan Juga Bonus Hingga Jutaan Rupiah disetiap Harinya.
    judi poker

    ReplyDelete

 
Top